Cara Menggunakan Genset Dengan Benar Untuk Pemula

Menggunakan genset yang baik dan benar dapat bermanfaat bagi Anda yang pemula karena dapat memberikan keamanan. Genset merupakan alat alternatif yang dapat digunakan apabila terjadi pemadaman listrik. Apalagi PLN sering melakukan pemadaman listrik akibat kerusakan dan pemeliharaan kabel listrik. Hal ini tentu sangat mengganggu karena listrik sangat diperlukan dalam hal produksi dan bekerja. Karena pemadaman listrik semua pekerjaan terbengkalai. Tetapi dalam mengoperasionalkan genset tidak bisa asal saja karena terdapat tata cara yang benar. Dan apabila salah dalam menghidupkannya maka bisa jadi genset akan meledak yang dapat menyebabkan kebakaran. Jadi untuk Anda yang masih pemula terdapat cara dalam menghidupkan mesin genset dengan benar. Dan seringlah melakukan perawatan agar mesin genset tidak mudah rusak. Karena dalam memperbaiki genset cukup menguras isi dompet Anda.

  1. Wajib membaca buku pengoperasian genset

Apabila kamu membeli sebuah mesin genset, maka kamu wajib membaca buku panduan tentang cara pengoperasian mesin genset terlebih dahulu yang terdapat didalam kemasan untuk mengetahu tentnag karakteristik genset yang Anda pilih. Karena bisa saja setiap genset memiliki cara pengoperasian yang berbeda. Setiap orang jika membeli genset pasti melewatkan hal ini karena dianggap tidak penting, padahal hal ini sangat penting karena dapat membuat kamu terhindar dari bahaya dan salah tekan dalam menghidupkan genset sehingga dapat merusak mesin genset yang baru Anda beli.

  1. Mengetahui jenis bahan bakar yang dipakai

Setelah mengetahui sekilas tentang tata cara penggunaan mesin genset maka selanjutnya Anda dapat memeriksa ketersediaan bahan bakar dan jenis bahan bakar apa yang digunakan. Dan periksa juga bahan bakar telah diisi dengan benar pada tankinya. Tersedianya bahan bakar merupakan hal penting dalam pengoperasian mesin genset. Ceklah apakah bahan bakar telah diisi dengan penuh, cukup 2/3 dari total kapasitasnya.

  1. Mengecek kondisi oli samping

Untuk genset dengan jenis mesin penggerak model bensin 2tak, Anda harus memastikan apakah oli samping pada tanki telah tersedia apa tidak. Karena untuk mesin bensin 2tak apabila tidak tersedianya oli samping maka tidak dapat beroperasi, sebab oli tersebut bertugas sebagai pelumas pada ruang pembakaran. Anda dapat juga mencampurkan oli samping pada bahan bakarnya. Tetapi dalam menggunakan oli haruslah secukupnya, karena jika berlebihan dapat mempengaruhi peforma mesin genset dikemudian hari.

  1. Memeriksa oli mesin telah tersedia

Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah menjaga oli mesin selalu tersedia. Karena oli samping dan oli mesin berbeda. Sebab oli mesin digunakan sebagai pelus untuk semua mesin baik mesin bensin maupun mesin diesel. Oli tipe SAE 20-40 merupakan jenis oli yang umumnya digunakan pada mesin, sehingga performa mesin terus bagus dan terjaga. Apabila oli mesin kurang maka Anda dapat menambahkan sendiri, tetapi Anda harus berhati-hati dan pastikan oli yang digunakan sama dengan oli kode diatas, atau dapat menanyakan langsung kepada penjualnya jika ragu.

  1. Pastikan saklar mesin genset pada posisi yang benar

Sebelum menyalakan genset sebagai pengganti daya listrik pada rumah Anda, pastikana saklar mesin atau saklar MCMnya telah diubah pada beban listrik untk genset sehingga tidak berhubungan langsung dengan listrik PLN. Hal ini berguna untuk menghindari listrik PLN menyala tiba-tiba dimana dapat membuat mesin genset meledak atau rusak. Dan inilah cara menggunakan genset yang benar.

Tutorial / Cara

Leave a Reply