Ketahui cara perawatan genset berikut supaya genset anda bekerja optimal

Mati listrik hampir semua pernah mengalami masalah yang satu ini. Mati listrik bisanya di terjadi karena ada bencan alam misalnya hutan lebat yang di iringi dengan petir, banjir, tanah longsor, gempa dan adanya gangguan instalasi utama pada PLN. Kondisi mati lampu terjadi sewaktu-waktu hal ini sangat merugikan terutama untuk anda yang produktifitasnya di pengaruhi oleh listrik, karena itu anda butuh yang namanya genset.

Dalam penggunaan genset sebagai tenaga cadangan atau tenaga utama dalam sistem produksi perlu memperhatikan kondisi genset itu sendiri. Sistem di dalam genset harus di jaga agar tetap bisa beroperasi dengan baik dan tanpa adanya masalah yang berarti. Kegagalan operasional strarting pada genset di sebabkan karena tombol strar tidak dalam keadaan AUTO melainkan OFF, kondisi aki untuk starting habis karena kekurangan charging, bahan bakar yang tersumbat karena tidak pernah di bersihkan, dan bahan bakar yang sudah lama di dalam mesin genset telah terkontaminasi dengan zat lain.

Lihat: Ketahui cara perawatan genset berikut supaya genset anda bekerja optimal

Untuk menghindari berbagai masalah yang ditimbulkan pada genset, anda harus melakukan berbagai cara perawatan genset dengan baik dan benar seperti berikut:

Baca: Mengenal Berbagai Macam Jenis Mesin Genset

  1. Posisikan genset di tempat yang kering jauh dari kelembaban

Mesin genset harus di rawat sedemikian rupa karena mesin ini tidak bisa sembarangan di letakkan di panas sinar matahari langsung, di tempat yang banyak airnya dan di tempat sembarangan. Peletakannya harus yang strategis untuk menghindari kerusakan mesin karena faktor lingkungan.

  1. Membersihkan kotoran yang menempel secara berkala

Genset yang lama tidak di gunakan akan di kerubungi banyak debu, lakukan pembersihan genset dari debu secara berkala hal ini bertujuan untuk membuat genset akan bekerja lebih optimal, terlihat baru, dan mudah di deteksi bagian mana yang kira-kira mengalami penurunan nilai fungsi.

  1. Ganti spare part

Tahu mana saja spare part yang sudah tidak layak di gunakan dari proses pembersihkan kotoran yang dilakukan secara berkala pada point nomor 2, setelah mengetahui ada spare part yang harus diganti maka lakukan penggantian.

  1. Perhatikan kabel penghubungnya juga

Kabel menjadi salah satu komponen penting dari terpenuhinya listrik dari genset untuk beban yang ada. cara perawatan genset kabel adalah penghubungnya untuk itu harus juga dilakukan pengecekan apatah kabel masih layak pakai atau sudah harus di ganti.

  1. Lokasi genset

Lokasi untuk meletakkan genset harus memenuhi syarat adanya sirkulasi udara yang cukup untuk melakukan pembuangan gas hasil mesin genset jika di simpan dalam sebuah ruang dan jika dipakai di outdoor harus memperhatikan kondisi lingkungan sekitar apakah gas buangan aman jika di keluarkan biasanya genset akan diletakkan jauh dari tempat penduduk bermukim untuk menghindari bahaya dari gas buangan itu sendiri.

  1. Pemeriksaan distilled water pada bagian Battery

Pada baterai genset ada namanya distilles yang harus di isi ulang dengan air dalam waktu tertentu dalam jarak 2-3 tahun pemakaian, anda harus mengisi ulang baterai tersebut.

Standar operasional genset atau cara pakai genset juga harus diperhatikan jangan sampai sudah melakukan cara perawatan genset ketika genset tidak dipakai justru melupakan cara pemakaian genset yang baik dan benar sesuai standarnya. Ada komponen yang perlu di cek secara  berkala, cara perawatan genset ini penting supaya nanti ketika genset di butuhkan bisa starting dan berjalan suplay listrik dengan optimal.

Tips

Leave a Reply