Mengenal Berbagai Macam Jenis Mesin Genset

Terdapat berbagai jenis genset yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Listrik merupakan kebutuhan pokok saat ini, karena tanpa listrik semua kegiatan akan terbengkalai. Apalagi proses produksi saat ini yang banyak menggunakan mesin dalam tenaga kerjanya. Bayangkan jika tidak adanya genset pasti sangat susah melakukan produksi yang harus dikerjakan dengan mesin, pasti akan tersendatnya barang produksi yang menyebabkan kelangkaan di pasar sehingga harganya akan melambung naik. Karena itu munculah genset sebagai penyelamat, dimana mesin ini dapat membuat listrik hidup kembali dengan bermodalkan minyak beberapa liter tergantung dari kekuatan genset menghasilkan tenaga listrik. Dan juga lain jenis genset maka lain juga bahan bakarnya, sehingga Anda jangan sampai salah mengisi bahan bakar yang dapat membuat genset rusak dan tidak beroperasi secara tidak maksimal. Perlunya membaca buku panduan atau bertanya kepada yang ahli sangat dibutuhkan untuk kenyamanan Anda menggunakan genset.

  1. Mesin genset gas

Genset jenis ini menggunakan bahan bakarnya berupa gas untuk mengoperasikannya, gas jenis Liquid Petroleum Gas (LPG) atau Compressed Natural Gas (NPG) dapat digunakan untuk menghidupkannya. Mesin genset jenis ini dijual dengan harga yang cukup mahal dibandingkan dengan genset jenis lain. Dan juga apabila menggunakan genset ini kamu harus mempertimbangkan harga gas LPG dan NPG yang terhitung cukup mahal. Apalagi di pasaran gas tersebut sering dimonopoli oleh pedagang sehingga harganya melambung. Tetapi genset jenis ini sangat bagus kualitasnya dibandingkan dengan genset yang lain. Tetapi untuk Anda yang ingin menghemat pengeluaran sebaiknya perhitungkan lagi dalam memilih genset jenis ini.

  1. Mesin genset diesel

Genset jenis ini umunya banyak digunakan oleh semua orang. Hal ini dikarenakan perawatan dan pengoperasiannya sangat mudah dan tidak ribet. Dan juga kapasitas wattnya yang tinggi menjadikannya sebagai primadona dikalangan masyarakat yang membutuhkan genset. Watt pada genset ini sekitar 5kW atau 5.000 watt hingg 2Mw atau 2.000.000 watt. Genset jenis ini memiliki 2 silinder hingga 16 silinder yang tergantung dengan jenis dan produsennya. Tetapi kelemahan genset ini adalah harga jualnya yang cukup tinggi. Sehingga bagi Anda yang ingin membeli genset dengan harga yang terjangkau haruslah mempertimbangkan masak-masak untuk memilih genset ini.

  1. Mesin genset bensin

Mesin genset ini tidak kalah populer karena harganya cukup terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah. Harganya yang murah juga bahan bakarnya yang berharga murah menjadikannya kombinasi yang pas. Dimana menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya dan mampu menghasilakan listrik dengan kapasitas 10kW atau 10.000 watt. Selain itu penggunaan yang mudah serta dapat digunakan oleh rumah-rumah yang memiliki daya yang tidak terlalu besar menjadikan sebagi nilai tambah untuk genset ini. Jadi sangat cocok untuk Anda yang ingin membeli genset sekaligus berhemat.

  1. Mesin genset portabel

Mesin genset ini sangat cocok untuk Anda yang melakukan kegiatan di luar ruangan dan memerlukan listrik. Genset ini sangat cocok digunakan pada luar ruangan dan sangat mudah dibawa kemana-mana. Mesin genset ini juga mudah dibawa kemana-mana, jadi saat kemping Anda dapat membawanya. Walaupun kegiatan kemping dapat menggunakan api unggun sebagai sumber cahayanya, tetapi dapat berguna untuk menjadi penerang di tempat yang gelap. Serta genset ini tidak berisik dan mampu menghemat bahan bakar. Semua ini adalah jenis genset yang dapat Anda pilih.

Pengetahuan

Leave a Reply