Jenis – Jenis Genset Pembangkit Listrik Menurut Penggunaannya dan Bahan Bakarnya

Jenis genset pembangkit listrik ada beragam baik ditinjau dari penggunaan bahan bakar, kapasitas, juga cara penggunaan genset. Genset atau generator set sendiri merupakan suatu perangkat yang menghasilkan energi listrik untuk menggantikan energi listrik dari PLN yang padam atau kapasitasnya tidak mencukupi.

Baca juga: Cara Menggunakan Genset Dengan Benar Untuk Pemula

Genset Diesel

Mesin diesel yang berfungsi sebagai pembangkit listrik ini cukup banyak digunakan oleh orang – orang. Kapasitas dan daya yang dihasilkan oleh genset diesel cukup besar. Mesin diesel ini memiliki kapasitas output yang beragam dari mulai 5 Kw atau 5000 watt sampai dengan output 2 MV atau 2.000.000 watt. Dikarenakan kapasitas outputnya yang cukup besar maka genset diesel ini memiliki silinder yang berkisar antara 2 sampai 16 tergantung dengan output daya yang dikeluarkan.

Anda tidak dapat sembarangan membeli Genset Diesel, dikarenakan harganya yang mahal. Salah satu supplier terpercaya untuk Genset di Jakarta adalah: HARGEN

Pada awalnya dulu genset diesel ini menggunakan bahan bakar solar, namun setelah adanya pengembangan dan inovasi genset diesel banyak yang menggunakan bensin. Untuk teknologi mesinnya sendiri terdapat 2 jenis mesin yang digunakan yakni genset mesin 2 tak dan juga genset mesin 4 tak. Perbedaan mendasar dari keduanya adalah fungsi kerja. Untuk genset mesin 2 tak biasanya digunakan untuk kapasitas kecil seperti cadangan pembangkit listrik rumah tangga. Sedangkan untuk jenis genset pembangkit listrik yang menggunakan 4 tak produksi outputnya lebih besar dan biasanya digunakan untuk kebutuhan usaha yang membutuhkan daya besar. Jenis genset ini pun tergolong lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan dibanding dengan diesel yang menggunakan solar.

Genset Portabel

Jenis genset pembangkit listrik yang satu ini dikhususkan untuk penggunaan outdoor atau penggunaan di luar ruangan. Biasanya penggunaan genset portabel ini digunakan pada saat kegiatan – kegiatan seperti konser musik, perkemahan, festival, dll. Genset portabel ini dapat dipindahkan kemanapun. Jadi dimanapun kita membutuhkan energi listrik yang besar untuk penerangan, sumber listrik untuk alat musik, dll bisa menggunakan genset  portabel ini.

Genset Urine

Jenis genset pembangkit listrik ini merupakan genset hasil penemuan yang merupakan inovasi di sektor bahan bakar gensetnya. Jika biasanya genset menggunakan bahan bakar minyak, kali ini genset urine ini sesuai namanya menggunakan urine sebagai bahan bakarnya. Pada saat penelitiannya, didapatkan hasil pada uji coba menggunakan bahan bakar urine sebanyak 1 liter mampu menyalakan sebuah genset untuk mengadakan listrik selama 6 jam non – stop.

Genset Solar

Genset solar ini merupakan jenis genset pembangkit listrik yang ditambahkan dengan panel solar. Kita biasanya akan melihat genset solar ini di atap – atap rumah modern di perkotaan. Jenis genset pembangkit listrik ini digunakan untuk mengoperasikan peralatan rumah tangga yang membutuhkan daya listrik sangat tinggi. Biasanya, alat rumah tangga yang menggunakan genset solar ini adalah sistem pemanas air. Selain itu, genset solar juga sering digunakan pada sistem ac. Bukan hanya untuk kebutuhan rumah tangga, tak jarang genset solar ini juga digunakan sebagai tenaga listrik cadangan di tempat – tempat komersil seperti di pameran, konser music, dsb. Kita juga bisa menjumpai genset solar ini di tiang – tiang lampu jalan.


Genset Gas

Jenis genset pembangkit listrik yang satu ini menggunakan gas sebagai bahan bakarnya. Gas yang digunakan pada genset jenis ini adalah gas hasil olahan gas bumi yang diolah menjadi LPG atau CNG. Jenis genset pembangkit listrik ini juga sudah banyak digunakan untuk kebutuhan rumah tangga sebagai cadangan pembangkit listrik ketika PLN melakukan pemadaman listrik.

Demikianlah beberapa jenis genset pembangkit listrik

Pengetahuan

Leave a Reply