Tips memilih genset sesuai dengan kebutuhan

Perusahaan atau rumah produksi atau toko atau apapun tempatnya yang mengandalkan listrik untuk menjalankan aktivitas produksi perlu yang namanya genset. Genset atau generator set adalah gabungan dari dua alat berupa mesin dan kumparan yang di hubungkan untuk menghasilkan daya listrik. Pemilihan genset yang terbaik untuk keperluan bisnis anda perlu memperhatikan beban yang akan di suplay oleh genset, instalasi listrik yang sudah ada dan harus di suplay oleh genset dan lokasi tempatnya. Memilih genset menjadi hal yang sangat penting untuk suplay listrik di tempat usaha anda atau rumah anda supaya ketika terjadi pemadaman listrik proses produksi tidak terhambat. Tips memilih genset yang baik dan sesuai:

  • Fungsi genset sebagai kebutuhan atau hanya cadangan

Genset yang akan dibeli sebaiknya memperhatikan dari segi faktor fungsi apakah akan digunakan sebagai sumber utama atau hanya digunakan untuk back up. Jika di gunakan sebagai sumber utama pada proses instalasinya tidak akan menggunakan switch dari pilihan input sedangkan jika hanya dipakai sebagai cadangan perlu menggunakan switch yang nantinya akan menghubungkan genset dengan instalasi yang akan di back up, jika digunakan sebagai energi cadangan genset dan sumber utama listrik harus diberi pengaman untuk menghindari terjadinya korsleting aliran listrik yang akan berakibat fatal bagi keselamatan pekerja PLN.

  • Beban yang di suplay

Beban yang akan di suplay oleh genset mempengaruhi kapasitas yang akan dibutuhkan. Tips memilih genset yang baik dengan memperhatikan beban dan kapasitas, genset sebaiknya tidak digunakan jika beban yang harus di suplay kurang dari tiga puluh persen dari nilai kapasitasnya.

  • Apa jenis beban?

Untuk menentukan nilai kapasitas genset yang harus dibeli perlu mengetahui nilai beban apa yang akan di suplay hal ini lebih tepatnya tahu apa jenis bebannya, misalnya untuk beban induktif contohnya sepeda motor listrik nilai kapasitas genset harus lebih besar dari nilai kapasitas yang tertera di VA dengan alasan faktor daya yang rendah.

  • Bahan bakar apa yang akan digunakan

Bahan bakar untuk genset di bedakan menjadi dua bensin dan solar atau ada juga jenis genset berbahan bakar gas. Semua bahan bakar yang digunakan untuk genset memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing jadi anda harus bisa memilih bahan bakar apa yang akan digunakan sebelum memutuskan untuk membeli genset dengan merek apa. Genset dengan bahan bakar bensin di sebut dengan tipe non disel, genset ini memiliki kapasitas daya yang rendah. Genset dengan bahan bakar solar atau bio gas merupakan tipe genset disel dengan kemampuan mensuplay daya lebih besar.

Klik di sini untuk mendapatkan info lebih lanjut mengenai bahan bakar Genset.

  • Brand atau merek

Semua orang jelas memperhatikan hal yang satu ini sebagai pertimbangan dalam membeli genset, merek genset yang terkenal biasanya akan banyak di beli padahal bisa kita mau melihat dengan seksama genset lokal juga tidak kalah kualitasnya dengan produk genset yang sudah terkenal, untuk masalah harga baik genset terkenal dan genset lokal memiliki harga yang bersaing. Sebaiknya selain merek popularitas perhatikan kuaitasnya.

Tips memiih genset di atas sebaiknya anda pikirkan dengan matang sebelum memutuskan untuk membeli produk genset. Genset telah menjadi barang yang wajib di miliki oleh para pengusaha jika tidak ingin usahanya macet produksi karena pemadaman listrik. Pastikan dalam situasi darurat anda sudah siap sedia dengan suplay tenaga listrik yang mumpuni.

Tips

Leave a Reply