6 hal yang harus diketahui dalam dunia genset

Genset menjadi barang yang penting untuk di miliki orang saat ini. Apapun profesinya ketika kerja yang mengandalkan listrik pasti perlu genset. Genset atau generator set adalah alat yang digunakan untuk menghasilkan daya listrik selain dari listrik  PLN. Jenis genset di bedakan menjadi dua yaitu genset dengan voltase kecil untuk ukuran rumah tangga dan genset ukuran volt besar untuk perusahaan. Jika anda ingin membeli genset untuk keperluan anda perhatikan terlebih dahulu berapa voltase yang dibutuhkan apakah hanya 400 watt atau sampai 2200 watt ke atas. Tujuan dari memastikan kebutuhan voltase adalah untuk melakukan penghematan jika anda hanya perlu 400 watt tidak perlu membeli mesin genset dengan kapasitas yang mampu digunakan untuk 2200 watt hal ini jelas suatu keborosan. Model genset terbaru di tahun 2017 tersedia dalam berbagai merek dan ukuran, model tergantung dari kegunaannya juga.

Harga genset di pasaran tidak murah di tahun 2017 harga genset termurah kurang lebih 3 juta dengan spesifikasi yang masih sangat rendah dan daya yang dihasilkan mencakup kebutuhan 400 watt saja. Harga genset yang mahal ini membuat anda harus mempertimbangkan matang-matang sekiranya perlu genset harus sesuai dengan kebutuhan karena genset sebaiknya tidak dipakai jika beban yang akan di suplay kurang dari 30% dari kapasitasnya hal ini untuk menjaga kualitas genset dan menghindari adanya masalah pada genset di kemudian hari. Jadi jangan sampai salah beli. Model genset terbaru disesuaikan juga dengan harganya, mengacu pada prinsip ekonomi semakin mahal harga barang semakin baik kualitasnya karena spesifikasinya akan semakin bagus tentunya.

Supaya anda tidak keliru sebaiknya pahami terlebih dahulu istilah dalam dunia genset yang terbilang membingungkan berikut:

  1. kVA atau Kilo Volt Amper

ukuran kapasitas genset, model genset terbaru juga bisa dilihat dari ukuran kapasitasnya. kVA berbeda dengan KW atau kilo watt yang dipakai oleh PLN. Misalnya saja genset dengan kapasitas 10kVA itu berarti memiliki kapasitas 8kW atau setara dengan 8000 Watt.

  1. silent or open type

ini adalah kemasan dari genset, silent berarti genset dibungkus dengan kotak sedangkan open type genset tanpa dilengkapi dengan pembungkus kotak.

  1. 3-phase dan 1-phase

Ini mengacu pada instalasi listrik PLN anda menggunakan 3-phase atau 1-phase untuk ini anda perlu melakukan konfirmasi ke pihak instalasi PLN.

  1. Panel AMF or ATS

AMF singaktan dari Automatic main failure yang fungsinya untuk menghidupkan atau mematikan genset secara otomatis dengan sinyal dari luar. ATS (Automatic transfer switch) mentransfer sumber catu daya daro PLN ke genset bila listrik PLN mati.

  1. Prime dan stanby rate

Prime rate merupakan kapasitas maksimum genset dalam pemakaian normal. Stanby rate kapasitas maksimum genset dalam keadaan overload.

Sumber: http://liputan6.com

  1. Kebel power

Kabel yang dihubungkan antara genset dengan PLN, kabel yang digunakan haruslah kabel yang tebal karena pada sambungan ini akan mengalirkan arus yang cukup tinggi dari genset ke PLN. Kabel power yang tebal berfungsi juga sebagai pengaman agar tidak terjadi kerusakan pada aliran listrik yang akan mengancam keselamatan kerja PLN sebagai pihak yang di back up oleh genset

6 hal yang harus anda ketahui selain model genset terbaru. Beli genset sesuai dengan kebutuhan anda dan konsultasikan terlebih dahulu kepada tenaga profesional sebelum membeli genset.

Pengetahuan

Leave a Reply