Jenis-jenis Kerusakan Yang Sering Muncul Pada Genset

Kerusakan genset terdapat tingkatannya sendiri, dari yang parah hingga yang ringan. Kerusakan yang ringan dapat diperbaiki tetapi terkadang membutuhkan biaya yang besar dalam memperbaikinya. Karena itu sering-seringlah melakukan perawatan agar mesin genset berumur panjang dan dalam keadaan yang bagus. Genset yang rusak tentunya membuat Anda kesal dan pusing tujuh keliling karena tidak dapat digunakan dengan baik. Dan kerusakan pada mesin genset berbeda-beda jenisnya serta cara memperbaikinya juga berbeda agar tidak bertambah rusak. karena itu kenalilah apa kerusakan yang terjadi pada mesin genset Anda. Atau Anda dapat memperbaikinya sendiri tetapi resikonya terlalu besar jika tidak mengetahui seluk-beluk pada genset. Lebih baik Anda dapat menyuruh memperbaikinya pada mekanik walaupun harus merogoh kocek yang dalam. Atau jika Anda memiliki uang lebih dapat membeli genset baru tetapi rasanya sangat sayang jika genset lama yang rusak dibuang begitu saja.

  1. Isolasi yang terganggu

Terdapat beberapa gangguan apabila terjadi kegagalan saat isolasi. Gagalnya isolasi dapat terjadi akibat dari panas yang berlebihan, ventilasi yang tidak berfungsi dengan normal dan baik yang disebabkan oleh penyumbatan atau terjadinya getaran yang berlebihan. Karena itu seringlah melakukan pengecekan yang berkala walaupun Anda tidak menggunakan genset dalam waktu lama. Tetapi sangat disayangkan jika mesin genset akibat dari hal kecil tersebut yang tidak anda perhatikan.

  1. Tegangan yang berlebihan

Tidak bekerjanya genset dengan baik dan terganggu merupakan salah satu tanda bahwa adanya terjadi tegangan yang berlebihan pada genset. Putaran yang berlebihan mengakibatkan terjadinya tegangan berlebuhan akibat adanya pelepasan beban yang cepat serta mendadak. Sehingga terjadinya daya kejut pada genset. Karena daya tegang yang berlebihan dapat mempengaruhi peralatan elektronik lainnya yang dapat rusaka atau hal yang paling berbahaya alat elektronik tersebut meledak yang dapat membuat rumah terbakar. Tentu hal ini tidak kita inginkan apalagi jika terjadinya korban jiwa. Karena itu salah satu cara yang tepat adalah sering melakukan pengecekan teratur.

  1. Tidak adanya keseimbangan beban

Tidak mengurus dan tidak peduli terhadap keadaan genset dapat menimbulkan kerusakan tidak seimbangnya beban. Kebocoran pada beberapa bagian generator yang memunculkan hubungan sangat singkat dengan penghantar tanah merupakan penyebab utama dalam permasalahan ini. Dimana masalah seperti ini dapat membuat arus yang bersifat negatif akan bermuara pada bagian nol dalam penghantar. Karena itu segeralah mengamankan benda elektronik yang tersambung dengan stop kontak. Karena dapat membuatnya rusak dan merugikan Anda semua jika terjadinya kerusakan pada listrik atau kebakaran yang besar.

  1. Berlebihannya arus

Arus yang berlebihan nyatanya tidak baik bagi listrik di rumah Anda. Hubungan generator yang singkat serta beban yang berlebihan menyebabkan timbulnya gannguan ini. Walaupun generator memiliki kemampuan dalam mengatur kecepatan serta mengatasi arus yang berlebihan maka kerusakan seperti ini tetap saja tidak dapat dihindari. Anda haruslah memiliki alat tambahan yang dapat mengatur arus dan sekaligus melindungi generatornya dalam waktu yang lama. Sehingga arus yang berlebihan tidak menimbulkan kerusakan pada barang elektronik lainnya. Bayangkan saja genset Anda sudah rusak ditambah lagi dengan barang elektronik yang juga rusak. Tentu menyebabkan kerugian yang sangat banyak. Apalagi jika barang elektronik tersebut memiliki harga yang mahal. Karena itu seringlah melakukan pengecekan secara teratur serta Anda harus mewaspadai beberapa kerusakan genset yang sering terjadi.

Tutorial / Cara

Leave a Reply