pju solar cell all in one

Kenali Dulu Sebelum Pasang Solar Cell di Indonesia

Solar Cell menjadi barang yang cukup banyak digunakan sebagai pembangkit daya listrik, seperti belakangan ini solar cell banyak dijadikan sebagai produk yang berguna terutama untuk penerangan jalan umum, pju solar  cell ibarat menjadi primadona beakangan ini, selain efektivitasnya yang mumpuni dan efisien, lampu solar cell pju juga menarik karena desain dan variannya yang beragam seperti pju solar cell all in one. Ada beberapa hal penting yang perlu Anda kenali sebelum pasang solar cell di Indonesia. Hal tersebut dilakukan agar pemasangan solar cell bisa menjadi lebih maksimal dengan biaya yang minim. Berikut beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan.

Lokasi pemasangan

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum pasang solar cell di Indonesia adalah lokasi tempat tinggal Anda. Perlu Anda ketahui bahwa Indonesia adalah negara yang luas. Apakah Anda orang Palembang? Jakarta? Bali? Atau lainnya. Dengan mengetahui lokasi pemasangan akan membantu Anda dalam mendapatkan radiasi matahari dengan maksimal.

Salah satu contohnya adalah kota Kutai yang merupakan kota di atas garis khatulistiwa. Dengan begitu, potensi energi sinar matahari yang dihasilkan adalah 4,8 kwh per hari. Kemudian untuk pemasanga solar cell sendiri menghadap ke selatan.

Begitu juga sebaliknya, bagi Anda yang berada di daerah Jawa atau di bawah garis khatulistiwa, pemasangan solar cell harus menghadap ke utara. Sedangkan untuk kota Pontianak yang di lalui oleh garis khatulistiwa bisa memasang solar cell lurus menghadap ke atas.

Arah dan luas atap

Arah dan luas atap menjadi hal penting lainnya sebelum pasang solar cell di Indonesia. Jika rumah menghadap ke utara, pastinya atap akan menghadap ke barat dan timur. Namun idealnya, atap rumah menghadap ke arah selatan atau utara. Sebab, solar cell bisa bekerja dengan maksimal.

Selain itu, luas atap juga sangat berpengaruh pada pemasangan solar cell. Di mana luas akan mempengaruhi kapasitas daya yang dihasilkan. Biasanya luas atap 2,5 meter bisa menghasilkan rata – rata 1 kwh listrik.

Tipe dan kemiringan atap

Tipe atap juga berpengaruh pada pasang solar cell di Indonesia, terutama pada penyangga solar cell tersebut. Kebanyakan atap rumah di Indonesia sendiri merupakan genteng keramik. Dengan begitu, saat pemasangan memang harus sedikit mengubah struktur atap.

Selain itu, kemiringan dari atap juga harus diperhatikan. Kabanyakan atap di Indonesia memiliki kemiringan 30 hingga 40 derajat. Sedangkan, untuk solar cell yang dipasang di Indonesia maksimal memiliki kemiringan 10 derajat. Jadi jika atap semakin miring maka penangkapan energi matahari akan semakin berkurang.

Dana yang disediakan

Dana menjadi hal penting sebelum pasang solar cell di Indonesia. Perlu Anda ketahui bahwa sistem solar cell bukanlah produk yang murah. Namun begitu, jika sudah digunakan akan lebih murah dibandingkan PLN. Bahkan jika dihitung dalam masa operasional, solar cell bisa digunakan hingga 30 tahun lamanya. Sehingga melakukan perhitungan dana akan mendapatkan pemasangan solar cell dengan sangat maksimal.

Demikian beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum melakukan pasang solar cell di Indonesia, terlebih lagi untuk kegiatan rumah tangga.

Pengetahuan, Tips

Leave a Reply