Mendekorasi Rumah Dengan Furniture Rotan Sintetis

Dianggap Mudah Rusak, Ini 3 Kelebihan Furniture Rotan Sintetis

Pilihan masing-masing orang pada jenis furniture rotan sangat berbeda. Ada yang memilih perabot rotan asli, sementara yang lainnya rotan sintetis. Berdasarkan pandangan orang awam, tidak mudah membedakan rotan asli dan sintetis. Namuan keduanya dapat dibedakan dari kualitasnya. Perabot rotan sintetis dianggap berkualitas lebih buruk daripada rotan alami. Meski begitu penggunaan perabot rotan sintetis ini memiliki banyak kelebihan diantaranya sebagai berikut:

Warnanya lebih mencolok dan bervariasi

Enggan memakai perabot rotan hanya karena pilihan warnanya yang kurang variatif, kini sudah tdak berlaku. Justru perabot rotan hadir dengan banyak pilihan warna-warna terbaik yang tidak bisa didapatkan dari perabot kayu, plastik dan stainless. Adanya pilihan warna yang lebih bervariasi berasal dari penggunaan jenis rotan sintetis. Tren interior terkini pun menunjukkan bahwa rotan menjadi salah satu material perabotan paling dicari.

Biasanya rotan alami hanya dibuat dengan satu pilihan warna. Atau beberapa pilihan warna yang masih berada dalam tone tidak terlalu berbeda. Namun rotan sintetis membuat warna-warna monoton dan membosankan tersebut berubah menjadi lebih bervariasi. Sehingga penggunaannya di rumah menjadi lebih terang dan mempercantik ruangan.

Awet dan idak mudah mengalami penurunan kualitas

Perabot dari rotan memang dikhususkan untuk penggunaan indoor. Mengingat rotan alami tidak tahan terhadap paparan sinar matahari yang terlalu sering atau kualitasnya akan menurun. Namun selama diletakkan di dalam ruangan, rotan alami juga harus dihindarikan dari kelembapan tinggi atau kualitasnya akan menurun dengan cepat.

Semua penurunan kualitas tersebut tidak mudah terjadi pada rotan sintetis. Funitur rotan sintetis lebih tahan saat terkena sinar matahari sehingga memungkinkan penggunaan di luar ruangan. Sementara untuk pengaruh tingkat kelembapan tinggi, rotan sintetis juga lebih tahan. Sehingga daya tahan rotan sintetis ini lebih bandel dan awet.

Harganya dijual lebih murah

Jika rotan alami diambil dari tanaman rotan di hutan, tidak demikian dengan rotan sintetis. Untuk mendapatkan rotan sintetis, ada proses produksi pabrik yang dilakukan. Biasanya jenis bahan seperti PVC atau polyethilene yang lebih banyak digunakan untuk pembuatan rotan sintetis. Jenis bahan ini memiliki sifat yang lebih lentur dari rotan alami itu sendiri.

Dengan bahan yang berbeda, maka harga perabot rotan alami dan sintetis juga berbeda. Jika rotan alami sangat mahal, tidak demikian dengan rotan sintetis. Harga perabot rotan sintetis lebih murah dan terjangkau banyak kalangan. Sehingga pemakaian furniture rotan sintetis ini juga lebih tren dan populer di kalangan masyarakat, dan tempat jual furniture rotan pun kini semakin banyak dan mudah ditemui.

Interior

Leave a Reply