Fitur yang Dimiliki Oleh Atap polikarbonat Gelombang atau Multi Wall Polikarbonat

Atap polikarbonat bisa terbuat dari jenis bahan multi wall polikarbonat atau yang populer disebut sebagai hollow polikarbonat. Akan tetapi seperti solid polikarbonat, jenis ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Apa saja?

Kelebihan dari hollow polikarbonat

Atap polikarbonat merupakan sebuah produk yang terdiri dari banyak lapis dari polikarbonat. Masing-masing Atap polikarbonat gelombang ini dihubungkan dengan menggunakan sanggahan kecil sehingga diantara layer-layer bisa ditemukan jarak yang berisi udara. Hal ini merupakan salah satu kelebihan yang dimilikinya.

Keberadaan udara di antara wall-wall atau layer-layer pada hollow atap polikarbonat gelombang ini menyebabkan produk hollow polikarbonat menjadi produk yang dapat menginsulasi suhu dengan sangat baik. Hal inilah yang menyebabkan produk banyak digunakan dalam bangunan-bangunan yang membutuhkan banyak cahaya tapi tidak panas. Selain kemampuan insulasi yang tinggi terhadap suhu, produk hollow polikarbonat ini memiliki kelebihan yang lainnya. Apa saja?

  • Kelebihan dari dari sisi bobotnya

Kelebihan lain yang dimiliki oleh produk hollow polikarbonat ini adalah dari sisi bobotnya. Meski hollow polikarbonat merupakan produk polikarbonat yang dibentuk dari banyak layer tapi bobot yang dimilikinya bisa dibilang lebih ringan dibandingkan dengan produk solid polikarbonat. Hal ini membuat pemasangan dan pemindahan produk menjadi lebih mudah dan lebih hemat biaya.

  • Memiliki harga yang lebih mudah

Selain memiliki bobot dan kemampuan insulasi yang lebih baik, hollow polikarbonat juga memiliki kelebihan lain berupa harga yang lebih mudah dibandingkan dengan atap polikarbonat gelombang yang terbuat dari bahan solid polikarbonat.

Jenis-jenis dari hollow polikarbonat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, hollow polikarbonat merupakan polikarbonat yang terbentuk dari komponen polikarbonat yang dilayer. Ada beberapa jenis yang dimiliki oleh hollow polikarbonat dilihat dari jumlah layer yang dimiliki oleh jenis hollow polikarbonat ini. Apa saja?

  • Hollow polikarbonat twin wall

Sesuai dengan namanya, hollow polikarbonat yang satu ini merupakan jenis hollow polikarbonat yang terbuat dari 2 layer polikarbonat.

  • Triple hollow polikarbonat

Untuk jenis hollow polikarbonat yang satu ini sesuai dengan namanya, ia terbuat dari 3 lapisan polikarbonat yang dipisahkan dengan menggunakan 2 layer udara.

Selain jenis hollow polikarbonat yang disebutkan di atas, masih ada lagi beberapa jenis dari hollow polikarbonat mulai dari hollow polikarbonat dengan 4 lapis hingga 6 lapisannya. Banyaknya lapisan yang dimiliki oleh sebuah hollow polikarbonat dan juga spasi udara yang dimilikinya ini digunakan untuk menentukan efektivitas yang dimiliki oleh material sebagai sebuah insulator, hal ini sering dikenal sebagai U value dari sebuah hollow polikarbonat. Selain memiliki u value, hollow polikarbonat juga memiliki r value. R value ini merupakan kemampuan resistensi termal yang dimiliki oleh hollow polikarbonat. Berdasarkan value tersebut, pilihlah atap polikarbonat yang tepat untuk anda.

Arsitektur

Leave a Reply