Perosotan Anak

Tips Aman Bermain Perosotan Anak Indoor

Banyak anak-anak, baik itu anak yang berusia di atas enam tahun, bahkan hingga anak remaja dan juga anak balita yang suka bermain dengan perosotan anak baik yang terletak di outdoor maupun indoor. Terdapat banyak juga manfaat dari alat permainan perosotan anak tersebut, yakni antara lain untuk melatih syaraf motorik, untuk melatih kedisiplinan, menumbuhkan rasa empati dan toleransi, juga untuk mengajarkan ilmu alam fisika tentang hukum gravitasi bumi dan lain sebagainya dengan cara yang lebih menyenangkan kepada anak. Namun supaya aman dalam melakukan permainan perosotan anak maka berikut ini adalah tipsnya.

Gunakan Perosotan Anak Sesuai Usia

Gunakanlah alat permainan perosotan anak yang dirancang sesuai dengan usia anak. Hal ini penting guna menghindari terjadinya cedera karena masing-masing anak memiliki kondisi fisik tubuh yang berbeda-beda sesuai dengan perkembangan usianya. Ini juga berlaku jika Anda ingin membeli dari yang jual perosotan anak indoor untuk anak Anda sendiri. Pastikan Anda memberikan informasi dengan jelas kepada yang jual perosotan anak indoor tentang kebutuhan yang sesuai dengan anak Anda.

Hindari Perosotan yang Diletakkan di Alas yang Keras

Kadangkala ada penempatan alat permainan anak yang belum memperhatikan faktor keselamatan anak, seperti alat permainan yang ada di taman area terbuka suatu kawasan perumahan misalnya ataupun di tempat lainnya yang masih mengabaikan unsur keamanan tersebut, sehingga pihak orang tua lah yang harus mewaspadainya. Sebagai salah satu contohnya adalah alat permainan perosotan anak yang diletakkan di atas aspal atau tanah atau lantai yang keras. Sehingga akan bisa membuat cedera anak yang terjatuh karena mengalami masalah menjaga keseimbangan saat turun dari papan seluncuran perosotan anak, juga jaga jarak dan ruang yang cukup, tidak sempit pada saat anak meluncur turun dari alat perosotan anak yang ada. Idealnya alat perosotan anak itu diletakkan di atas rerumputan atau karpet yang lunak dan cukup tebal, sehingga aman bagi anak jika terjatuh saat berdiri setelah meluncur dari perosotan anak.

Hindari Memangku Anak Saat Bermain Perosotan Anak

Seringkali ada orang tua yang memangku anak pada saat turun meluncur dari papan seluncuran perosotan anak, dengan maksud untuk melindungi anak, namun hal ini justru tidak dianjurkan, dan biarkan anak bermain seluncuran sendiri pada alat permainan perosotan anak yang dirancang sesuai dengan usianya. Karena dengan memangku anak saat meluncur tersebut maka berat badan orang dewasa yang memangkunya justru akan bisa menekan tulang belakang anak pada saat meluncur turun tersebut, sehingga justru akan bisa membuat cedera dan berbahaya bagi si anak. Cara terbaik menjaga keamanan anak pada saat bermain perosotan adalah dengan membimbingnya dengan uluran tangan guna menjaga kanan kiri tubuh anak pada saat meluncur dan bersiap dengan secara sigap mengendong anak tepat sebelum anak turun mencapai bawah menyentuh lantai. Pastikan juga anak sudah mampu untuk menjaga keseimbangan tubuhnya jika ingin bermain perosotan anak, guna menghindari terjadinya cedera tubuh pada anak.

Lepaskan Sepatu

Demi keamanan juga sebaiknya anak melepaskan alas kaki atau sepatunya pada saat bermain perosotan anak, cukup dengan menggunakan alas kaki saja atau sepatu kain yang lunak. Pastikan juga bahwa lantai di bawahnya tidak licin dan tidak banyak berkerumun anak-anak yang lainnya di bawah.

Itulah tips aman bermain perosotan anak.

Permainan Anak

Leave a Reply